Rabu, 24 Juni 2015

All About Perahu Rafting

Trustco Jateng  -  Lembaga Training Jawa Tengah Telp. (024) 7691 7578 / HP. 085640-750440 Solikin / HP. 085640-398242 Suratman  

Perahu yang digunakan dalam berarung jeram ada berbagai jenis dan berbagai bentuk, serta dengan berbagai kekuatan yang berbeda pula seperti tercermin dalam keterangan di tiap merk yang banyak dipakai. Umumnya perahu terbuat dari bahan Hypalon, Polyester Nylon dan PVC.rafting

Perahu terbagi atas dua golongan :
a. Non Self-bailing
Perahu ini tidak dilengkapi lubang – lubang pembuangan air, sehingga air yang masuk dalam perahu akan menggenang pada lantai perahu. Karena itu, perahu jenis ini harus dilengkapi dengan ember untuk membuang air.

b. Self-bailing
Perahu ini dilengkapi lubang – lubang pembuangan air, sehingga air yang masuk dalam perahu akan langsung keluar saat perahu terangkat atau diangkat.

Sedangkan bagian-bagian dari perahu karet tersebut adalah sebagai berikut:
    •    Bow and Stern (bagian depan dan belakang)
    •    Chamber / Tube (body yang diisi udara)
    •    Floor (lantai, juga diisi udara)
    •    Thwart (penampang yang juga diisi udara)
    •    Boat line (tali yang berada sisepanjang body kapal)
    •    D Ring
    •    Handling Grip
    •    Bilge Hole (Self bailing)
    •    Valve (Katup)

Sebagai perkenalan untuk kegiatan rafting, untuk memposisikan saat pengarungan dalam perahu karet adalah sebagai berikut:
  1. Posisikan badan dengan duduk secara menyamping pada sisi perahu (baik sisi kiri maupun sisi kanan) dan kaki dalam posisi kuda-kuda pada lantai perahu. Posisi kuda-kuda ini dimaksudkan sebagai pengatur keseimbangan badan selama pengarungan.
  2. Saat duduk di perahu, perhatikan jangan sampai ada bagian tubuh anda yang terikat atau terlilit tali. Ini sangat berbahaya jika perahu mengalami flip atau terbalik.
  3. Posisi duduk anda pun harus mudah untuk menggapai Boat Line. Bila Boat Line pada perahu anda terlihat kendur, beritahukan segera pada skipper anda untuk mengencangkan boat line tersebut agar tidak mengganggu selama pengarungan.
  4. Aturlah jarak duduk anda dengan peserta yang lain agar tidak mengganggu pergerakan selama pengarungan, baik untuk mendayung maupun saat menjalankan instruksi perpindahan (moving position)
 Sumber :  sentosa-outbound.com


Untuk mendapatkan informasi produk-produk training  kami
Gg. Salak , Muntal, Gunungpati 
Kota Semarang, Jawa Tengah
Telp. (024) 7691 7578
Hubungi HP. 085640-750440 Solikin
HP. 085640-398242 Suratman


EmoticonEmoticon