Jumat, 10 April 2015

11 Hal Yang Dilakukan Orang Produktif 15, Menit Sebelum Mulai Bekerja

Trustco Jateng  -  Lembaga Training Jawa Tengah Telp. (024) 7691 7578 / HP. 085640-750440 Solikin / HP. 085640-398242 Suratman

 Percayakah Anda bahwa 15 menit pertama menentukan “mood” Anda dalam bekerja?

Jika Anda memulai bekerja dengan perasaan gundah dan terburu-buru untuk menyelesaikan pekerjaan yang diminta oleh atasan, kemungkinan besar hari Anda akan buruk.

Akan berbeda jadinya jika Anda memulai hari dengan perasaan tenang, mempersiapkan segala sesuatunya dengan santai dan terbebas dari “ancaman” dari laur. Seperti atasan yang meminta hasil kerjaan sampai sulit mendapatkan tempat parkir kendaraan Anda.

15 menit pertama bekerja ternyata memberikan pengaruh yang sangat besar, terutama dalam membantu mendapatkan mood bekerja yang baik. Mood inilah yang akan membantu Anda melewati hari dengan penuh gairah.

Cara ini ternyata banyak digunakan oleh pekerja yang memiliki produktivitas tinggi. Berikut 11 hal yang dilakukan orang produktif sebelum memulai bekerja :

1. Datang 15 Menit Sebelum Masuk Kerja

Datang 15 menit lebih awal sebelum memulai kerja membuat mereka memiliki waktu senggang untuk mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan untuk menunjang produktivitas mereka. Mereka memiliki waktu untuk menenangkan diri, mempersiapkan computer, berkeliling kantor ataupun hanya bertegur sapa dengan rekan kerja lainnya.

Bisa Anda bayangkan bagaimana hari Anda jika dilakukan dengan perasaan terburu-buru daripada diawali dengan perasaan tenang dan santai.

2. Membuat Meja Rapi dan Bersih

Kebersihan dan kerapian memberikan pengaruh yang sangat besar dalam menjaga mood seseorang dalam bekerja. Orang produktif sangat memahami akan hal ini.

Mereka akan menata meja dengan rapi dan menyusun dokumen serta barang-barang kecil lainnya ditempatnya. Dengan begitu mereka bisa bekerja dengan lebih efektif dan saat membutuhkan barang atau kertas tertentu, dengan mudah mereka bisa dapatkan.

Bisa Anda bayangkan bagaimana lelahnya jika harus mencari-cari sebuah catatan atau dokumen jika tidak disimpan ditempatnya? Apalagi jika atasan atau bos yang meminta dengan sedikit tergesa-gesa. Mood pasti akan berubah seketika, bukan?

3. Meninjau Kembali Apa yang Belum Selesai Di Hari Sebelumnya

Sebelum memulai bekerja, orang produktif akan meluangkan waktu mereka untuk meninjau kembali pekerjaan yang belum selesai di hari sebelumnya. Ini sangat penting apalagi saat mereka selesai liburan di akhir pekan.

Mengetahui pekerjaan yang belum diselesaikan akan membantu mereka menyusun list kerja sesuai prioritas kebutuhannya. Dengan begitu akan membantu mereka menghindari kejaran deadline dari atasan ataupun devisi lain secara tiba-tiba.

4. Membuat List Kerja

Semua orang produktif pasti memiliki daftar list kerja. Mereka tidak terbiasa bekerja hanya dengan mengingat-ingat apa yang harus dikerjakan.

Bukan rahasia jika mereka begitu produktif. Karena bisa menyelesaikan banyak pekerjaan yang dilimpahkan kepadanya. Tentunya semua tidak lepas dari list kerja yang mereka buat.

Jika Anda ingin produktif, Anda harus melakukan poin ini. Buatlah daftar list kerja sebelum Anda menyelesaikan pekerjaan itu. Urutkan pekerjaan itu sesuai dengan deadline dan kebutuhannya.

5. Hanya Mengecek Email Saat Benar-benar Dibutuhkan

Orang produktif sangat menghargai waktu yang mereka miliki saat bekerja. Mereka akan fokus bekerja saat jam kerja dan mereka akan pulang lebih cepat daripada orang-orang yang tidak produktif. Mereka fokus pada daftar list kerja yang telah dibuat.

Mereka menghindari mengecek email jika tidak benar-benar membutuhkannya. Mereka sadar dengan mengecek email akan menyita waktu mereka. Apalagi jika harus mengecek status serta chat dengan teman di sosial media.

6. Mengatur Handphone Berada Dalam Mode Getar

Orang produktif menyadari akan efek samping dari handphone yang mereka gunakan. Bukan hanya sekedar menyita waktu tetapi juga mengganggu fokus mereka dalam bekerja.

Mereka tidak akan mau terikat oleh handphone jika tidak benar-benar membutuhkannya. Bagi mereka jam kerja harus benar-benar diefektifkan agar bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Mereka sangat tidak suka meluangkan waktu lembur hanya untuk mengurusi hal yang mereka yakini bisa diselesaikan hari itu juga. Itu hanya akan menambah tingkat stres mereka.

7. Melakukan Visualisasi Untuk Hasil Kerja yang Mereka Inginkan

Setelah selesai membuat list kerja, orang produktif akan membayangkan atau memvisualisasikan hasil kerja yang mereka inginkan di akhir kerja.

Mereka menyempatkan sedikit waktu untuk melihat hasil akhir dan inilah yang membuat mereka begitu fokus menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan tidak akan mudah terganggu dengan hal lain di luar diri mereka.

Pernah mencobanya saat akan bekerja? Poin ini layak untuk dicoba.


8. Menikmati Momen Saat Ini

Setelah mereka memvisualisasikan apa yang ingin dicapai hari ini, mereka akan menikmati momen saat ini dengan menarik nafas yang panjang. Bahkan mereka akan tersenyum dan mengucapkan afirmasi singkat kepada diri sendiri.

Kegiatan ini akan meningkatkan motivasi dan semangat dalam menjalani hari mereka di kantor.

Menarik nafas dalam akan membawa banyak oksigen ke dalam otak yang membuat otak bisa berpikir lebih jernih. Bahkan banyak orang sukses seperti Oprah Winfrey dan Arianna Huffington sering kali bermeditasi di pagi hari sebelum memulai kerja.

9. Melakukan Sedikit Gerakan Fisik

Orang produktif mengetahui bahwa mereka akan duduk dalam waktu yang lama di depan komputer. Mereka menyadari, cepat atau lambat dengan kondisi kerja seperti itu akan mempengaruhi kesehatan mereka.

Mereka akan melakukan sedikit gerakan fisik untuk mengerakan otot-otot yang kaku. Berjalan berkeliling kantor adalah cara yang sering kali mereka lakukan.

10. Menyediakan Kebutuhan Diri Sendiri Sebelum Kebutuhan Orang Lain

Orang produktif sangat mengetahui pentingnya mengisi kebutuhan diri sendiri sebelum membantu atau melayani orang lain. Ini ditunjukkan dari hal-hal yang telah kita bahas di atas dan ritual-ritual lain yang bersifat lebih pribadi.

Orang produktif tidak berusaha untuk menjadi pahlawan dengan melayani orang lain sebelum diri mereka sendiri. Ini bukan sikap ketidakpedulian mereka kepada orang lain, melainkan satu sifat yang pantas kita tiru.

Dengan merasa diri terpenuhi (baca: mental) akan lebih mudah dan iklas kita membantu orang lain, sesuai dengan kemampuan kita membantu mereka.

11. Berterimakasih Kepada Pekerjaan dan Tantangan yang Mereka Masih Miliki

Orang produktif tidak akan melewatkan pagi mereka tanpa mengucapkan rasa syukur atas pekerjaan dan kesempatan untuk menjadi pribadi yang lebih baik melalui pekerjaan mereka. Apakah Anda melakukan poin ini? Ayo jujur…

Inilah tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja Anda melalui 15 menit pertama sebelum memulai kerja di pagi hari.
Sumber : aquariuslearning.co.id

 Untuk mendapatkan informasi produk-produk training  kami
Gg. Salak , Muntal, Gunungpati 
Kota Semarang, Jawa Tengah
Telp. (024) 7691 7578
Hubungi HP. 085640-750440 Solikin
HP. 085640-398242 Suratman


EmoticonEmoticon