Kamis, 12 Desember 2013

Setiap manusia menua, tapi tidak selalu membaik

Capacity Building Training pegawai KPP Beacukai Pekalongan




Luar biasa Tuhan menciptakan manusia dan alam semesta ini! Melihat ke dalam diri yang semakin hari semakin menua maka akan timbul pertanyaan besar: apa karya terbesar yang bisa aku ciptakan sebelum aku meninggal? Perubahan diri kita untuk semakain tua dan melemah itu adalah hal yang pasti. Tanpa perlu kita rencanakan. Tapi karya besar, atau setidak amal yang bisa membuat bangga orang-orang yang kita cintai takkan pernah terwujud tanpa ada perencanaan dan tindakan yang nyata.

Sangat bersyukur kita hari ini kalau upaya untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan, keterampilan dan lain sebagainya teramat mudah didapatkan. Dunia begitu terbuka untuk bisa dimasuki oleh siapapun. Internet telah menjadi gaya hidup yang memungkin kita mencari informasi banyak hal. Mau belajar apapun di sini tersedia. Dari yang gratis hingga yang harus mengeluarkan biaya tinggi. Semakin hari otak kita dipenuhi oleh beragam informasi. Baik informasi yang bermanfaat maupun yang sampah. Dari gosip hingga informasi top secret. Semuanya mengalir masuk.

Sayangnya, informasi yang banyak dan lengakp itu tak menjamin kita menjadi semakin cerdas dan baik secara kualitas. Banyak beragam pemborosan waktu kerja gara-gara penggunaan internet yang berlebihan. Bahkan sering kita jumpai informasi kriminalitas yang terjadi berawal dari aktivitas sosial media di internet. Mengapa? Mengapa bisa terjadi? Bukankah seharusnya dan idealnya, teknologi diciptakan untuk kesejahteraan dan kemajuan peradaban manusia?

Cipto Utomo, seorang motivator senior di TRUSTCO Jawa Tengah menjelaskan fenomena ini. Menurut beliau, ada bagian otak atau pikiran manusia yang terus berkembang secara pesat. Dan ada pikiran manusia yang dari lahir hingga meninggal tak jauh berkembang. Pikiran yang berkembang pesat seiring waktu itu adalah pikiran sadar. Ragam informasi yang masuk serta pengolahan info yang ada menciptakan ide-ide baru. Dan ide itu terus berkembang melahirkan tindakan baru. Karena itulah kemajuan teknologi terus berkembang. 

Sementara itu, pikiran bawah sadar manusia tidak banyak berubah. Ia setia mengatur gerak organ-organ dalam manusia tanpa kendali kesadaran. Ia bekerja dari dalam, secara terprogram, dan bekerja otomatis. Bahkan ketika pikiran manusia tidak dalam keadaan sadar. Program-program ini bisa berupa kebiasaan, keyakinan, kerakter, dan nilai kehidupan. Kabarnya 88% pikiran bawah sadar ini menguasai manusia. Tapi sayangnya, kita lebih sering berfokus pada peningkatan pikiran sadar yang 12% sisanya.

Fakta yang terjadi, perubahan yang terjadi di dunia ini adalah hanya mengenai cara baru manusia melakukan sesuatu. Adapun motivasi, insting dasar, dan cara berpikirnya tak pernah berubah. Dahulu orang berkomunikasi menggunakan surat, telegram, dan telepon. Sekarang bisa menggunakan hp, aplikasi chating dan sebagainya. Caranya   atau medianya saja yang baru. Tapi lihat, banyak orang tidak berubah karakternya, mudahnya komunikasi juga memudahkan orang melakukan tindak kejahatan misalnya. Nilai-nilai dalam hidupnya tidak berubah. 

Tidak jarang juga kita jumpai seeorang yang sedari bekerja sebagai bawahan hingga menjadi pimpinan pun karakternya tidak berubah. Yang menyedihkan dan mudah-mudahan tidak terjadi pada para pembaca semua, harta dan pangkat berubah tapi kebahagiaan rasa syukur itu tidak bertambah. Pemrograman yang salah dalam bawah sadar menyebabkan banyak orang kehilangan kebahagiaan yang gairah hidup di tengah bergelimanya harta dan jabatan.

Lalu bagaimana solusinya?
Mulailah untuk berpikir menyentuh dan mengupgrade kapasitas pikiran bawah sadar. Para pakar pendidikan menyebutnya soft skill. Soft skill yang tangguh akan melipatgandakan upaya pikiran sadar untuk menciptakan terobosan baru dalam hidup. Bukan sekedar urusan harta, jabatan, atau popularitas. Tapi juga, kepuasan hidup, kemuliaan nilai-nilai spiritual, dan kesejahteraan dunia.

TRUSTCO Jawa Tengah melayani Capacity Building Program untuk meningkatkan kualitas soft  skill karyawan dan pegawai insitusi Anda. Lebih lengkapnya silakan kontak Bagian Marketing kami HP. 085640-398242 atau 085640-750440.

1 komentar

salam silaturahmi . . .senang bisa berkunjung dihalaman luar biasa anda. . .menambah wawasan serta informasi sukses selalu dan tetap semangat.
Obat Kanker Payudara Stadium 4


EmoticonEmoticon