Jumat, 29 Agustus 2014

Cara Produktif Memanfaatkan Waktu Luang

Cara Produktif Memanfaatkan Waktu Luang
Lembaga Training Jawa Tengah | Trustco Jateng , training dan outbound. semarang, jawa tengah, 0248412467, 085640750440. Pergunakan sedikit waktu luang tersebut secara produktif.
Setiap orang berbeda cara kerjanya, jadi cara terbaik untuk memanfaatkan waktu luang sangat bergantung pada diri Anda, cara kerja Anda dan apa yang ada di to-do list Anda. Memiliki daftar seperti itu sangatlah berguna untuk menemukan cara untuk memanfaatkan sedikit waktu luang secara cepat tanpa berpikir lama. Pergunakan daftar tersebut sebagai jalan untuk memunculkan ide apa yang bisa dilakukan dalam waktu yang sedikit.
Membaca berkas
Kumpulkan artikel majalah atau cetak artikel atau berita yang menarik untuk dibaca nantinya, dan simpan dalam sebuah folder dengan label ” Berkas Bacaan”. Bawalah selalu berkas ini saat bepergian, dan saat Anda punya waktu luang, Anda dapat memanfaatkannya. Simpan berkas itu dalam komputer Anda (atau di bookmarks anda), untuk sesaat dibaca saat berada di meja kerja (atau saat dalam perjalanan jika Anda memilik laptop).
Bersihkan kotak masuk (inbox)
Anda akan rapat 5 menit lagi? Gunakan waktu tersebut untuk mengosongkan kotak masuk di email anda. Jika mempunyai banyak pesan masuk, mungkin Anda harus memeriksanya dengan cukup cepat, mungkin tidak semuanya terselesaikan, tetapi mengurangi tumpukan pesan bisa sangat menolong.
Menelepon
Simpan daftar nomer telepon yang akan dihubungi, dan bawalah selalu kemanapun. Ketika sedang di meja kerja atau dalam perjalanan, Anda dapat melakukan panggilan telepon segera dari daftar tersebut.
Menghasilkan Uang
Inilah cara produktif favorit saya untuk mengisi waktu luang. Saya mempunyai beberapa artikel yang harus diselesaikan, dan ketika ada waktu luang, saya akan mengerjakan setengahnya dengan cepat. Jika Anda punya waktu luang 5 sampai 10 menit sehari, Anda dapat mendapatkan penghasilan sampingan yang layak. Cari tahu keterampilan yang dapat Anda “jual” yang dapat diselesaikan dalam waktu singkat. Contohnya membuat artikel. Ide artikel dapat Anda bagi menjadi beberapa paragraf, dimana paragraf itu dapat Anda selesaikan dalam waktu luang yang singkat.
Mengarsip/Membereskan
Tidak ada yang suka melakukan hal ini. Jika sedang bersemangat, Anda akan menyusun barang-barang dengan segera sehingga tidak menumpuk. Tapi jika benar-benar sibuk, mungkin Anda memiliki setumpuk berkas atau dokumen yang berserakan, atau mungkin tumpukan barang untuk dibereskan. Pilahlah tumpukan tersebut saat Anda punya waktu luang, dan tak lama lagi, tidak akan ada barang yang mesti dibereskan.
Networking
Hanya punya 2 menit? Kirim email kepada kolega. Meskipun hanya email sederhana atau “follow-up” email dapat membuat keajaiban dalam hubungan kerja. Atau menjawab pertanyaan singkat dan menaruhnya di daftar “follow up” email untuk nanti.
Membersihkan “Feed”
Jika inbox email penuh dan punya waktu luang, saya manfaatkan untuk membuka Google Reader dan membersihkan inbox feed saya.
Waktunya Cita-cita/Tujuan
Ambil 10 menit untuk memikirkan cita-cita Anda, pribadi atau profesional. Jika Anda tidak memiliki daftar tujuan yang ingin dicapai, mulailah dengan membuatnya. Tuliskan daftar langkah yang akan diambil beberapa minggu ke depan untuk membuat tujuan tersebut menjadi kenyataan. Langkah apa yang mungkin dapat Anda lakukan hari ini? Semakin Anda fokus terhadap tujuan tersebut, dan meninjaunya, semakin besar kemungkinan akan menjadi kenyataan.
Perbaharui Situasi Keuangan
Banyak orang kerepotan mengurus keuangannya, baik itu dalam membayar tagihan (mereka tidak mempunyai waktu), menginput transaksi dalam software keuangan, atau mengecek anggaran mereka. Pergunakan beberapa menit untuk memperbaharuinya. Hanya membutuhkan 10-15 untuk melakukannya.
Brainstorming (Membuat Kerangka Ide)
Kegiatan produktif favorit saya yang lain adalah saya akan membuka notebook dan mulai membuat kerangka untuk sebuah proyek atau ide artikel. Apapun yang dialami dalam pekerjaan atau kehidupan pribadi, solusinya bisa terinspirasi dari kegiatan brainstorming, dan itu tidak memakan waktu yang banyak.

Sumber : http://suksesitubebas.com/


EmoticonEmoticon