Jumat, 22 Agustus 2014

Ingin Mampu Diskusi dengan Lawan Bicara? Begini Caranya

Ingin Mampu Diskusi dengan Lawan Bicara? Begini Caranya
Lembaga Training Jawa Tengah | Trustco Jateng , training dan outbound. semarang, jawa tengah, 0248412467, 085640750440.Tak semua orang ditakdirkan memiliki kemampuan untuk berdiskusi dan berbicara dengan lawan bicara dengan baik. Banyak orang, termasuk yang berkepribadian introvert , tidak percaya diri atau bahkan tidak nyaman saat berdiskusi dengan lawan bicara.
Kalau hanya terjadi sehari-hari dengan keluarga dan teman sepergaulan mungkin tidak menjadi masalah. Tetapi bagaimana kalau Anda harus berinteraksi dengan banyak orang untuk urusan pekerjaan, pendidikan, atau bahkan masa depan Anda? Haruskah terus berdiam diri dan menghindar? Tentu tidak.
Berikut beberapa tips sederhana yang bisa dimanfaatkan agar Anda mampu berdiskusi dengan lawan bicara:
 
Tidak Selalu Harus “Jadi Diri Sendiri”
Kadang kala nasihat ini mungkin kurang pas diterapkan di berbagai situasi. Apalagi jika Anda akan menghadapi wawancara pekerjaan. Selayaknya jika Anda tampil rapi, berlaku sopan, dan terlihat antusias, terlepas bagaimana,pun kepribadian Anda yang sesungguhnya, bukan?
Kalimat “Jadilah diri sendiri” kadang bisa ditinggalkan saja, dan sebagai gantinya Anda bisa berpura-pura sejenak sampai semua berjalan lancar. Sedikit akting tidak lantas membuat Anda sebagai pribadi yang tidak jujur, kok. Riset menunjukkan bahwa seseorang yang bisa membawa diri dengan baik akan mampu mengeluarkan potensi diri yang sesungguhnya.

Ungkapkan Kesamaan
Tidak perlu survei yang sulit untuk menentukan fakta bahwa orang akan suka dengan orang yang menyukai dirinya. Dan itu bisa dimulai dari kebiasaan yang sama. Apa saja, termasuk latar belakang, pilihan hidup, hingga hobi yang sama, akan memancing lawan bicara agar tertarik dengan apa yang Anda bicarakan. Bahkan jika ingin ekstrim, Anda bisa mulai mempelajari mimik dari lawan bicara. Perhatikan dengan baik, dan sedikit demi sedikit aplikasikan itu dalam gaya bicara Anda. Terbukti, seseorang akan tertarik bicara dengan orang lain yang memiliki mimik dan gestur yang menyerupai dirinya.

Bicarakan Hal yang Menarik
Orang akan bosan jika diajak bicara tentang sesuatu yang tidak menarik, apalagi berulang-ulang. Bukan soal topik apa yang ingin dibicarakan, tapi apa topik yang membuat mereka tertarik? Jika ingin lancar berbicara dengan orang lain, jangan menjadi narsis. Sesekali cobalah cari tahu kesukaan lawan bicara Anda. Hal itu akan membangun ikatan emosional dan kedekatan yang lebih dari mereka.

Buat Mereka Nyaman
Riset mengungkapkan bahwa banyak orang lebih nyaman di dekat orang yang disukai daripada di dekat orang yang kompeten. Artinya, jangan pernah khawatir soal kesan lawan bicara Anda. Tapi sesekali buatlah lawan bicara Anda nyaman dengan motif yang positif tentunya. Mungkin dengan bereaksi sewajarnya, atau mungkin memuji sedikit lawan bicara Anda, dan bahkan meminta nasihat padanya.

Pertahankan Pembicaraan
Jangan mendominasi pembicaraan, tapi juga jangan jadi pasif. Berusahalah untuk selalu berada dalam pembicaraan itu selama mungkin, tapi tetap dalam porsi kebutuhan yang sesuai. Jangan berlomba menjadi pihak yang selalu berbicara tapi kurang mendengar. Triknya, terima saja pembicaraan lawan bicara Anda, menanggapinya sedikit dan lantas melontarkan kembali topiknya. Lakukan hal itu dengan hangat dan tulus tentunya.

Sumber : http://www.tabloidnova.com/


EmoticonEmoticon