Kamis, 21 Agustus 2014

Perbanyak Mendengarkan, Kurangi Berbicara

Perbanyak Mendengarkan, Kurangi Berbicara

 Lembaga Training Jawa Tengah | Trustco Jateng,training dan outbound. semarang, jawa tengah, 0248412467, 085640750440. -Susah bergaul dengan orang lain? Ingin mengetahui tips komunikasi yang baik? Banyak sekali tips-tips komunikasi yang bisa anda coba. Salah satu tips komunikasi yang paling penting adalah mengetahui kapan untuk diam dan kapan untuk bicara. Artikel Pengembangan diri ini akan membahas tips komunikasi dengan judul Perbanyak Mendengarkan, Kurangi Berbicara.

Istilah silent is gold memang benar adanya. Tidak menghakimi, lebih banyak mendengarkan orang lain berbicara, dan mengurangi berbicara dapat menjadi hal yang menakjubkan dan bermanfaat. Manfaat yang akan jelas terasa lebih banyak untuk diri sendiri selain untuk orang lain.

Bila sering menghakimi orang lain, cobalah untuk menahan diri agar tidak menghakimi. Berusahalah membuat telinga mau mendengarkan apa yang orang lain katakan sebelum nantinya giliran berbicara anda tiba. Bila giliran berbicara sudah tiba, sebaiknya berbicara seperlunya saja.

Manfaat yang akan terasa adalah orang lain akan merasa lebih dihargai dan didengar sehingga mereka juga akan menghargai dan mendengar anda. Bila mereka sudah menghargai dan mau mendengar apapun yang anda katakan, maka anda mendapat teman yang akan bersedia menolong anda dengan senang hati kapanpun anda membutuhkan pertolongan mereka.

Sedikit berbicara juga akan menjauhkan anda dari masalah yang akan menimbulkan konflik. Berbicara seperlunya akan mengurangi kesempatan orang lain untuk tersinggung kepada anda. Bila tidak ada orang yang salah menangkap pembicaraan anda, maka anda akan memiliki teman yang percaya dengan anda sepenuhnya. Dan kepercayaan itu adalah hal yang terpenting dalam kehidupan manusia.

Banyak mendengar dan sedikit berbicara adalah kunci kesuksesan dalam suatu hubungan pertemanan. Tidak menghakimi orang lain akan membuat anda dipercaya orang yang dekat dengan anda. Dengan begitu mereka tidak akan segan untuk saling berbagi dengan anda. Semoga tips komunikasi ini bisa berguna bagi anda.

Sumber : http://www.sinarilmu.com/


EmoticonEmoticon