Minggu, 14 September 2014

Merasa Tak Punya Bakat Memimpin, Harus Bagaimana?

Merasa Tak Punya Bakat Memimpin, Harus Bagaimana?Lembaga Training Jawa Tengah | Trustco Jateng , training dan outbound. semarang, jawa tengah, 0248412467, 085640750440. -  Untuk menjadi seorang pemimpin itu sama sekali tidak dibutuhkan bakat. Tetapi rasa tanggung-jawab, kepedulian, saling menghormati dan kejujuran. Menurut saya, Anda bukannya tidak mempunyai bakat, tetapi lebih kepada rasa kurang percaya diri untuk memimpin.

Anda merasa tidak enak jika memberi tugas teman-temannya. Begitu juga jika Anda harus memutuskan, Anda merasa kurang nyaman. Padahal itu semua adalah perasaan Anda semata. Karena orang-orang yang Anda koordinir itu justru menunggu arahan maupun keputusan Anda.

Semakin Anda merasa tidak enak melakukannya, semakin diri Anda tidak bisa menjalankan fungsinya sebagai koordinator. Kalau sudah begini, pekerjaan menjadi amburadul. Dan bukan pekerjaan Anda saja lho, tetapi juga pekerjaan orang-orang yang Anda koordinir. Akibatnya, performance Anda di mata atasan maupun team Anda menjadi kurang baik.

Jadi, apa yang harus Anda lakukan? 4 langkah sederhana berikut ini adalah jawabannya.
Pertama, kenali tugas Anda yang sebenarnya. Lakukan dengan sepenuh hati. Berhenti merasa tidak enak. Ketika memberi tugas kepada team Anda, jangan lupa mengucapkan kata tolong dan terima kasih. Selama mereka menjalankan tugasnya, ajaklah bicara. Tanyakan adakah mereka menemui kesulitan dan berilah saran.

Kedua, tingkatkan rasa tanggung-jawab di dalam diri Anda. Lakukan apa yang Anda ucapkan. Dan yang tak kalah penting adalah luangkan waktu untuk berbincang santai dengan team Anda. Misalnya saat makan siang. Moment ini sangat tepat untuk menjalin komunikasi dengan team Anda sekaligus kedekatan diri.

Ketiga, bicaralah secara terbuka baik dengan atasan maupun dengan team Anda. Beranilah bertanya kepada siapa saja, jika memang Anda merasa kurang memahami sesuatu. Termasuk kepada atasan maupun team Anda. Tunjukkanlah keseriusan Anda dalam mengemban tugas tersebut dengan cara melakukan kewajiban Anda dengan sepenuh hati.

Keempat, tingkatkan skills kepemimpinan Anda dengan membaca buku-buku kepemimpinan, mengikuti seminar dan browsing di internet. Praktekkan apa yang Anda dapatkan dan bukan hanya membacanya saja.

Selamat menjadi koordinator yang luar biasa, ya!

Sumber : http://female.kompas.com/


EmoticonEmoticon