Selasa, 21 April 2015

Ada Bahaya Mengintai di Permainan Paintball

Trustco Jateng  -  Lembaga Training Jawa Tengah Telp. (024) 7691 7578 / HP. 085640-750440 Solikin / HP. 085640-398242 Suratman
Paintball merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup diminati oleh sebagian besar orang. Namun, tahukah anda bila olahraga tembak-menembak dengan menggunakan sejenis pistol mainan itu memiliki dampak berbahaya yang mungkin tidak anda ketahui?

Dalam permainan, paintball dimainkan dengan dua atau lebih tim yang saling berkompetisi untuk menembak target lawan. Permainan itu sendiri dianggap berbahaya sehingga sejumlah tindakan perlindungan maupun perlengkapan keamanan harus dipastikan sesuai standarnya agar tidak terjadi luka atau hal-hal yang tidak diharapkan lainnya.
Pemain harus siaga penuh dan memperhatikan saat ia memegang senjata paintball. Prinsip kerja senjata yang digunakan untuk menembak menggunakan sebuah tangki atau gas yang memiliki tekanan karbondioksida (CO2) dan digunakan untuk melepaskan peluru warna kepada target lawan. Kasus kecelakan ekstrim yang pernah terjadi mengungkapkan tangki CO2 itu rusak dan meledak sehingga menyebabkan cedera pada tangan pemain.
Sebagian besar orang beranggapan bahwa pistol Paintball hanyalah mainan belaka, namun dibutuhkan juga kejelian dan pemeriksaan terhadap pistol sebelum digunakan agar terhindar dari kecelakaan yang tidak diinginkan.

Pertempuran di medan permainan Paintball juga tidak dapat dikontrol dari segi jarak tembak pemain, terlebih tembakan dari jarak dekat yang mampu membuat memar, sehingga dibutuhkan perlengkapan pelindung yang digunakan pemain.

Peluru dari paintball sendiri mengandung larutan zat yang memberikan warna. Apabila terkena tembakan dan mengenai kulit yang tidak terlindungi, beberapa kasus mengungkapkan zat tersebut bisa membuat alergi pada kulit, meskipun tidak parah, namun harus segera ditindak lanjuti atau diobati.

Tak hanya itu, ketika pemain tidak memakai masker corong untuk melindungi wajah, beberapa kasus mengungkapkan terjadinya masalah atau sakit mata. Kasus serius akibat dari peluru warna yang mengenai bagian mata, yakni dapat menimbulkan kebutaan permanen.

Dalam situasi apapun, pemain Paintball harus menggunakan kacamata pelindung atau goggles.
Sumber : okezone.com


Untuk mendapatkan informasi produk-produk training  kami
Gg. Salak , Muntal, Gunungpati 
Kota Semarang, Jawa Tengah
Telp. (024) 7691 7578
Hubungi HP. 085640-750440 Solikin
HP. 085640-398242 Suratman


EmoticonEmoticon