Selasa, 08 September 2015

Tips Persiapan Rafting untuk Pemula

Telp. (024) 7691 7578 / HP. 085640-750440 Solikin / HP. 085640-398242 Suratman
 
Rafting atau arung jeram sebenarnya termasuk olahraga ekstrim yang menjadi populer karena dikemas sebagai kegiatan wisata air. Oleh karenanya, rafting dapat diikuti oleh orang awam yang sama sekali belum pernah mencoba pengarungan sungai.

Sebelum mencoba rafting, pelajari tips persiapan rafting untuk pemula agar pengarungan jeram pertama Anda menjadi pengalaman yang menyenangkan dan yang terpenting selamat.

1. Kondisi Tubuh
Karena rafting adalah kegiatan fisik yang berhadapan langsung dengan kondisi alam, pastikan Anda memiliki fisik yang prima dan istirahat cukup sebelumnya.

2. Pakaian yang Nyaman
Pilih pakaian yang nyaman dan tidak berat karena ketika di sungai besar kemungkinan Anda harus berenang. Jangan menggunakan bahan jeans dan celana yang terlalu pendek, serta gunakan sandal gunung sebagai alas kaki.

3. Dry Bag
Meskipun biasanya provider rafting menyediakan beberapa unit dry bag, lebih baik kita membawanya sendiri. Membawa dry bag sendiri bukan berarti dapat membawa banyak barang ketika pengarungan. Dry bag hanya difungsikan untuk menyimpan ponsel, kamera dan obat-obatan luka.

4. Pemanasan
Selain fisik yang prima, pemanasan sangatlah penting. Agar otot tidak kaku dan kram, lakukan pemanasan sedikitnya 15 menit sebelum rafting dimulai.

5. Menyimak Briefing dari Pemandu
Sebelum menuju lokasi rafting, pemandu dari provider yang Anda pilih akan memberikan briefing dan arahan berikut yang sangat berguna ketika pengarungan. Simak dengan baik dan praktekan bila diminta oleh pemandu agar Anda terbiasa nantinya. Ingat dengan baik kode-kode umum seperti Boom, Dayung Maju, Rebah dan sebagainya ketika briefing berlangsung.

6. Doa
Selalu mulai dengan doa agar wisata rafting Anda menyenangkan dan selamat kembali sampai tujuan.
Sumber : adventureparkia.com

TRUSTCO NUSANTARA
Gg. Salak, Muntal, Gunungpati
(024) 7691 7578
085640750440 Solikin


EmoticonEmoticon