Selasa, 22 September 2015

Tujuan Outbond

Telp. (024) 7691 7578 / HP. 085640-750440 Solikin / HP. 085640-398242 Suratman
 
Salah satu cara meningkatkan kualitas SDM  ditempuh melalui pendidikan dan pelatihan yang sistematis, dan metode yang popular saat ini adalah Outbound. Outbound adalah suatu metode pembelajaran yang dirancang untuk pengembangan diri dan kelompok, melalui pembentukan­ keterbukaan, toleransi, kebersamaan, kepekaan terhadap rasa kebutuhan dan harapan kelompok / orang lain, dengan memanfaatkan alam sebagai media atau sarana belajar.  Hakikat outbound, bagaimana outbound dilaksanakan dan apa implikasi praktis outbound bagi pengembangan organisasi menjadi topik ulasan pada tulisan ini.  Implikasi praktis dikaitkan dengan team building, leadership dan culture development.

Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) adalah upaya yang sangat strategis dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi. Salah satu cara meningkatkan kualitas SDM  ditempuh melalui pendidikan dan pelatihan yang sistematis.

Outbound akhir-akhir ini semakin popular di kalangan para praktisi pelatihan SDM. Banyak perusahaan besar maupun perusahaan kecil, juga instansi pemerintah memanfaatkan metode outbound di dalam pengembangan SDM-nya.

Pengertian  dan  Hakikat  Outbound

Outbound adalah suatu metode pembelajaran yang dirancang untuk pengembangan diri dan kelompok, melalui pembentukan­ keterbukaan, toleransi, kebersamaan, kepekaan terhadap rasa kebutuhan dan harapan kelompok / orang lain, dengan memanfaatkan alam sebagai media atau sarana belajar.

Menurut Lamury (2003), hakikat outbound  adalah pada saat seseorang meninggalkan kenyamanan rumah tangga/tempat kerja yang dikenal, ke tempat asing dengan mcmpertaruhkan diri dalam berbagai resiko, maka ia telah melakukan outbound. Pada saat seseorang mengganti cara berpikir dan cara mengcrjakan sesuatu untuk men-dapatkan sesuatu yang baru, yang dengan sendirinya juga bukan tanpa resiko, berarti ia juga telah ber-outbound. Outbound bukan hanya berlangsung pada saat seseorang mengikuti pendidikan dan pelatihan, kapan saja kita mempertaruhkan kenyamanan dan kemapanan yang kita miliki untuk mengejar sesuatu yang baru, dengan sendirinya mengandung resiko, maka berarti telah ber-outbound.

Tujuan outbound
Secara umum, pelatihan outbound bertujuan untuk :
  1. Meningkatkan kemampuan bekerjasama, rasa percaya diri, kepekaan terhadap tanggungjawab dan kebutuhan orang lain.
  2. Menanamkan rasa cinta, solidaritas dan loyalitas terhadap kelompok.
  3. Meningkatkan kepekaan terhadap kelestarian lingkungan hidup.
  4. Menumbuhkan dan meningkatkan motivasi dan keyakinan diri anggota akan kemampuan diri untuk siap berperan mencapai visi dan tujuan kelompok secara kreatif.
  5. Memberikan suasana penyegaran dan memecahkan kekakuan birokrasi.
Sumber : outboundtraining.net

TRUSTCO NUSANTARA
Gg. Salak, Muntal, Gunungpati
(024) 7691 7578
085640750440 Solikin


EmoticonEmoticon