Selasa, 24 Mei 2016

Beberapa Perlengkapan Outbond Penting


Telp. (024) 7691 7578 / HP. 085640-750440 Solikin / HP. 085640-398242 Suratman

Keberhasilan suatu outbond di alam terbuka juga ditentukan oleh perencanaan perlengkapan dan perbekalan yang tepat. Dalam merencanakannya, beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu :
  1.  Mengenal jenis medan yang akan dihadapi (misal : hutan, rawa, tebing, pantai,  gua, dsb)
  2. Menentukan tujuan perjalanan (misal : penjelajahan, latihan, penelitian, kemanusiaan/SAR, dsb)
  3. Mengetahui lamanya perjalanan
  4. Mengetahui keterbatasan kemampuan fisik untuk membawa beban
  5. Memperhatikan hal-hal khusus (misal : obat-obatan tertentu dan sebagainya)
Maka kita akan lebih mudah untuk menentukan perlengkapan dan perbekalan yang sesuai dan selengkap mungkin, tetapi bebannya tidak melebihi kemampuan, atau yang dikenal dengan istilah maximum utility in minimum weight. Perhitungan beban total untuk perorangan sebaiknya tidak melebihi sepertiga berat badan (atau sekitar 15 sampai 20 kg), walaupun beberapa orang ada yang memiliki kemampuan hingga setengah berat badannya. Tetapi ini kembali lagi kepada kemampuan fisik setiap individu, yang terbaik adalah dengan tidak memaksakan diri, lagi pula anda dapat menyiasati pemilihan barang yang akan dibawa dengan selalu memilih barang/alat yang berfungsi ganda dengan bobot yang ringan dan hanya membawa barang yang perlu.

Untuk penjelajahan di medan pegunungan [bisa saja kita temui tebing, sungai], kita dapat kelompokkan perlengkapan yang dibawa sebagai berikut :
  1. Perlengkapan Dasar, meliputi perlengkapan untuk pergerakan/operasional, perlengkapan untuk memasak, makan, minum, perlengkapan untuk MCK, perlengkapan pribadi.
  2. Perlengkapan Khusus, disesuaikan dengan tujuan dan medan spesifik perjalanan, misalnya : perlengkapan penelitian (contoh : kamera, buku, GPS, dan alat-alat khusus lainnya), perlengkapan penyusuran sungai (contoh : perahu, dayung, pelampung, dsb), perlengkapan pendakian tebing (contoh : tali, carabiner, chock, piton, dsb)
  3. Perlengkapan Tambahan, perlengkapan ini dapat dibawa atau tidak, contoh : semir, kelambu, gaiter, dsb.

Untuk mendapatkan informasi produk-produk training  kami
Gg. Salak , Muntal, Gunungpati
Kota Semarang, Jawa Tengah
Telp. (024) 7691 7578
HP. 085640-750440 Solikin
HP. 085640-398242 Suratman


EmoticonEmoticon