Kamis, 10 Januari 2013

Pelatihan 5S : Ciptakan Area Kerja yang Nyaman dan Produktif



Apakah Anda pernah mencari dokumen sampai berjam-jam?
Mencari barang tidak ketemu, kemudian harus membeli lagi?
Merasa tidak mempunyai cukup tempat untuk menyimpan dokumen atau barang?
Waktu dihabiskan untuk mondar-mandir ?
Tidak tahu siapa yang sedang meminjam suatu dokumen?
Dokumen penting tercampur dengan dokumen lainnya?
Tanggung jawab terhadap kebersihan dan kerapian di kantor tidak jelas?

Pemborosan-pemborosan semacam inilah yang akan diungkapkan dan diselesaikan melalui penerapan pelatihan 5S.  5S adalah konsep penerapan budaya pengaturan barang dan tempat kerja. Dengan mempelajari 5S, Anda akan tahu bahwa untuk membuat lingkungan kerja anda selalu rapi, anda tidak cukup dengan hanya membersihkan barang dan membereskan barang secara berkala. 5S adalah singkatan dari: Seiri(Pemilahan), Seiton(Penataan), Seiso(Pembersihan), Seitsu(Pembakuan), Setsuke(Pembiasaan). Kelima kata tersebut adalah urutan yang harus Anda lakukan untuk membuat tempat kerja selalu rapi yang akhirnya membuat pekerjaan apapun yang Anda lakukan menjadi lebih cepat dan mencegah kerugian-kerugian yang tidak perlu karena parahnya cara Anda menangani barang.
Apa Manfaat Pelatihan  5s?
Setelah mengikuti training 5s ini, diharapkan peserta akan mampu:
  1. Menyadari pentingnya penataan Tempat Kerja
  2. Memahami Konsep 5S dan Manfaat Program 5S
  3. Memahami Penerapan Konsep 5S di kantor
  4. Mengurangi pemborosan di kantor
  5. Mempersiapkan langkah-langkah Implementasi program 5S di kantor
  6. Membiasakan  budaya 5S di setiap harinya
Apa saja yang dipelajari dalam pelatihan 5S
1.       Konsep dasar 5S dan perlukah diterapkan di area kerja saya?
2.       Bagaimana Belajar dari model area kerja yang efektif?
3.       Bagaimana cara  efektif untuk melakukan pemilahan barang-barang di area kerja?
4.       Bagaimana cara cerdas menata barang-barang di area kerja sesuai dengan fungsi kerjanya?
5.       Bagaimana cara mudah menjaga kebersihan barang-barang sehingga selalu kelihatan baru?
6.    Bagaimana tip dan trik merawat barang-barang agar berumur lebih panjang dan bermanfaat lebih banyak?
7.       Bagaimana membakukan penempatan barang agar selalu mudah didapatkan saat dibutuhkan?
8.       Bagaimana melakukan menata barang agar jumlahnya selalu terkontrol tanpa harus menghitungnya setiap hari?
9.    Bagamana membuat visualisasi manajemen sehingga setiap orang dapat mengetahui semua informasi yang dibutuhkan area kerja tanpa harus bertanya?
10.  Bagaimana membangun kesadaran dan komitmen semua orang di area kerja untuk membudayakan 5S setiap saat?
Pelatihan ini dirancang bagi siapa saja yang bertanggung jawab mengelola kantor dan menginginkan area kerja yang nyaman dan produktif, baik Anda sebagai kepala kantor, kepala  tata usaha, maupun sekretaris, sehingga dapat mengantisipasi  dan   menyesuaikan  diri   dengan  lingkungan  kerja  yang penuh tuntutan, sesuai standar kompetensi dalam mengelola ruang kerja
Pelatihan bukan hanya bersifat teori. Semua teori yang diajarkan bersifat praktis dan dengan mudah diimplementasikan di area kerja. Trainer kami adalah praktisi sekaligus konsultan. Telah berpengalaman menangani pendampingan 5S di berbagai instansi dan perusahaan. Peserta akan praktik langsung di area kerjanya. Dalam jangka panjangpun kami siap menjadi konsultan implementasi 5S di kantor Anda.
PROFIL TRAINER 
      Nama            : Sujarko
Umur            : 35 tahun
Ttl                 : Semarang, 15  Mei 1977
Alamat          : BSB Bukit Jatisari Lestari B7/7 Mijen, Semarang


Lisensi training
·         Training for Trainer Basic KAIZEN di PT AST Indonesia selama 20 jam dengan  Kazuhiro Suzuki (Pioneer DPC Shizuoka Japan) dan Fumiko Maruo (Pioneer DPC Shizuoka Japan) pada 15 April 2005
·      Training for Trainer Balancing Process di PT AST Indonesia selama 20 jam dengan  Kazuhiro Suzuki (Pioneer DPC Shizuoka Japan) dan Fumiko Maruo (Pioneer DPC Shizuoka Japan) pada 2 Mei 2005

Info: Hub 085 640 750 440 Solikin


EmoticonEmoticon