Apakah Anda pernah mencari dokumen
sampai berjam-jam?
Mencari barang tidak ketemu, kemudian harus
membeli lagi?
Merasa tidak mempunyai cukup tempat
untuk menyimpan dokumen atau barang?
Waktu dihabiskan untuk mondar-mandir ?
Tidak tahu siapa yang sedang meminjam
suatu dokumen?
Dokumen penting tercampur dengan
dokumen lainnya?
Tanggung jawab terhadap kebersihan dan
kerapian di kantor tidak jelas?
Pemborosan-pemborosan
semacam inilah yang akan diungkapkan dan diselesaikan melalui penerapan pelatihan
5S. 5S
adalah konsep penerapan budaya pengaturan barang dan tempat kerja. Dengan
mempelajari 5S, Anda akan tahu bahwa untuk membuat lingkungan kerja anda
selalu rapi, anda tidak cukup dengan hanya membersihkan barang dan membereskan
barang secara berkala. 5S adalah singkatan dari: Seiri(Pemilahan),
Seiton(Penataan), Seiso(Pembersihan), Seitsu(Pembakuan),
Setsuke(Pembiasaan). Kelima kata tersebut adalah urutan yang harus Anda lakukan
untuk membuat tempat kerja selalu rapi yang akhirnya membuat pekerjaan apapun
yang Anda lakukan menjadi lebih cepat dan mencegah kerugian-kerugian yang tidak
perlu karena parahnya cara Anda menangani barang.
Apa Manfaat Pelatihan 5s?
Setelah
mengikuti training 5s ini, diharapkan peserta akan mampu:
- Menyadari pentingnya penataan Tempat Kerja
- Memahami Konsep 5S dan Manfaat Program 5S
- Memahami Penerapan Konsep 5S di kantor
- Mengurangi pemborosan di kantor
- Mempersiapkan langkah-langkah Implementasi program 5S di kantor
- Membiasakan budaya 5S di setiap harinya
Apa saja
yang dipelajari dalam pelatihan 5S
1.
Konsep dasar 5S dan perlukah diterapkan di
area kerja saya?
2.
Bagaimana Belajar dari model area kerja yang
efektif?
3.
Bagaimana cara efektif untuk melakukan pemilahan
barang-barang di area kerja?
4.
Bagaimana cara cerdas menata barang-barang di
area kerja sesuai dengan fungsi kerjanya?
5.
Bagaimana cara mudah menjaga kebersihan
barang-barang sehingga selalu kelihatan baru?
6. Bagaimana tip dan trik merawat barang-barang
agar berumur lebih panjang dan bermanfaat lebih banyak?
7.
Bagaimana membakukan penempatan barang agar
selalu mudah didapatkan saat dibutuhkan?
8.
Bagaimana melakukan menata barang agar
jumlahnya selalu terkontrol tanpa harus menghitungnya setiap hari?
9. Bagamana membuat visualisasi manajemen
sehingga setiap orang dapat mengetahui semua informasi yang dibutuhkan area
kerja tanpa harus bertanya?
10. Bagaimana membangun kesadaran dan komitmen
semua orang di area kerja untuk membudayakan 5S setiap saat?
Pelatihan ini dirancang bagi siapa
saja yang bertanggung jawab mengelola kantor dan menginginkan area kerja yang
nyaman dan produktif, baik Anda sebagai kepala kantor, kepala tata usaha, maupun sekretaris, sehingga dapat
mengantisipasi dan menyesuaikan diri
dengan lingkungan kerja yang
penuh tuntutan, sesuai standar kompetensi dalam mengelola ruang kerja
Pelatihan bukan hanya bersifat teori. Semua
teori yang diajarkan bersifat praktis dan dengan mudah diimplementasikan di
area kerja. Trainer kami adalah praktisi sekaligus konsultan. Telah
berpengalaman menangani pendampingan 5S di berbagai instansi dan perusahaan. Peserta
akan praktik langsung di area kerjanya. Dalam jangka panjangpun kami siap
menjadi konsultan implementasi 5S di kantor Anda.
PROFIL TRAINER
Nama : Sujarko
Umur : 35 tahun
Ttl : Semarang, 15 Mei 1977
Alamat : BSB Bukit Jatisari Lestari B7/7
Mijen, Semarang
Lisensi training
·
Training for Trainer Basic KAIZEN di PT AST Indonesia selama 20 jam dengan Kazuhiro Suzuki (Pioneer DPC Shizuoka Japan)
dan Fumiko Maruo (Pioneer DPC Shizuoka Japan) pada 15 April 2005
· Training for Trainer Balancing Process di PT AST Indonesia selama 20 jam dengan Kazuhiro Suzuki (Pioneer DPC Shizuoka Japan)
dan Fumiko Maruo (Pioneer DPC Shizuoka Japan) pada 2 Mei 2005
Info: Hub 085 640 750 440 Solikin
EmoticonEmoticon