Kamis, 16 April 2015

Character Building Memaksimalkan Potensi Setiap Karyawan

Character Building Memaksimalkan Potensi Setiap Karyawan
Trustco Jateng  -  Lembaga Training Jawa Tengah Telp. (024) 7691 7578 / HP. 085640-750440 Solikin / HP. 085640-398242 Suratman
 
Character Building atau yang biasa dinamakan dengan pembangunan karakter saat ini diperlukan untuk pemenuhan pembangunan aset sumber daya manusia dan sumber daya instansi. Kebutuhannya terus berjalan dan bertambah seiring dengan munculnya berbagai karakter atau sifat yang berbeda-beda dari masing-masing individu dari perusahaan atau organisasi tersebut. Untuk itu diperlukanlah pelatihan khusus terkait Character Building.

Seperti yang kita tahu bahwa manusia tumbuh dan dilahirkan dalam kondisi yang berbeda-beda dan latar belakang yang berbeda-beda. Dalam ilmu psikologi terapan, ada yang dinamakan kondisi fenotif dimana secara genetik, manusia mempunyai 20% yang merupakan karakter dasar atau sifat bawaan yang tidak akan berubah dan mempunya 80% lagi sisanya yang merupakan pengaruh lingkungan. Kondisi ini memungkinkan seseorang berubah disebabkan oleh lingkungannya dan inilah yang akan dibahas lebih detail dalam Character Building.

Mengetahui kondisi seperti itu diperlukan pemahaman-pemahaman lebih lanjut terkait dengan pentingnya mengetahui jati diri kita yang penting meskipun secara prosentase hanya 20% tetapi itulah yang menentukan masa depan kita sebenarnya, karena tidak akan berubah dan tetap meskipun secara masal lingkungan akan mempengaruhi. Pelatihan Character Building memungkinkan kita mengetahui seperti apa pembangunan karakter yang cocok untuk kita.
Character Building Mempengaruhi Kinerja Karyawan dan Perusahaan

“Character Building” yang berupa pelatihan akan mengupas bagaimana jati diri kita sebenarnya. Bagaimana kita bereaksi terhadap sesuatu dan bagaimana kita melakukan sesuatu secara konsisten dan dalam jangka waktu yang panjang. Pelatihannya juga akan mengupas dimana potensi terbesar kita dan dimana kelemahan terbesar kita. Sehingga kita menjadi tahu, bagaimana menyikapi setiap kekurangan dan memaksimalkan setiap potensi yang ada.

Pentingnya Character Building dalam pemenuhan pengetahuan akan potensi dan kelemahan setiap karyawan di perusahaan, akan menumbuhkan rasa ingin berubah setiap karyawan ke arah yang lebih baik. Hal itu tentu saja akan mempengaruhi kinerja karyawan dalam setiap tugas dan tanggung jawabnya. Karena pengetahuan ini akan membuat setiap karyawan mampu memaksimalkan potensinya disetiap pekerjaannya.

Character Building sebagai sarana untuk mengembangkan aset perusahaan yaitu sumber daya manusia yang mumpuni akan otomatis terbangun dan terintegrasi menjadi sebuah kebiasaan positif dikalangan karyawannya. Hubungan atasan dengan bawahan juga akan otomatis menjadi sebuah komunikasi dua arah yang saling membangun, karena masing-masing bisa saling menghargai potensi dan kelemahannya. Dan bersama-sama untuk meningkatkan kinerjanya masing-masing dengan kritik-kritik yang membangun.
Tercapainya Visi dan Misi Perusahaan dengan Character Building

Setiap perusahaan pasti mempunyai visi dan misinya masing-masing dan itu ditanamkan kedalam benak setiap individu didalamnya sebagai bagian yang harus dijadikan komitmen bersama. Membangun visi dan misi tidaklah semudah membalikan telapak tangan karena dibutuhkan kerja keras dan komitmen. Setiap kerja keras dan komitmen harus dibangun dengan perlahan-lahan terutama dengan membangun karakter masing-masingnya.

Character Building atau pembangunan karakter akan membantu pencapaian visi dan misi perusahaan, karena setiap individu akan mampu memaksimalkan potensinya. Dalam pembangunan karakter, kelemahan tidak boleh dianggap sebagai suatu permakluman atas kesalahan atau tidak tercapainya kinerja. Karena yang dimaksudkan dalam pembangunan karakter yang diutamakan adalah pemaksimalan potensi yang lebih jelasnya dapat dilihat di www.stifincenter.com mengenai apapun yang terkait dengan potensi masing-masing manusia pada umumnya.

Kesimpulannya adalah Character Building akan membantu perusahaan untuk mencapai visi dan misinya. Membantu pembenahan ketidakberdayaan setiap sumber daya manusianya dalam mencapai kinerja terbaiknya. Jika setiap individu mampu melakukan kemampuan terbaiknya maka saat itulah perusahaan akan menuai hasil baik yaitu tercapainya visi dan misi yang dicita-citakan.

Untuk mendapatkan informasi produk-produk training  kami
Gg. Salak , Muntal, Gunungpati 
Kota Semarang, Jawa Tengah
Telp. (024) 7691 7578
Hubungi HP. 085640-750440 Solikin
HP. 085640-398242 Suratman


EmoticonEmoticon