Selasa, 28 April 2015

Maksimalkan Skill Anda!

Maksimalkan Skill Anda!
Trustco Jateng  -  Lembaga Training Jawa Tengah Telp. (024) 7691 7578 / HP. 085640-750440 Solikin / HP. 085640-398242 Suratman
 
Untuk mencapai kesuksesan, tidak ada pilihan lain kecuali Anda sendiri mempunyai keahlian, bakat atau potensi diri yang lebih baik dari orang lain. Bahkan ada yang mengatakan untuk menggapai sukses, ‘be extremist’. Faktor lain yang tidak kalah penting adalah "komunikasi" dan "promosi" (bagaimana cara menyampaikan kelebihan Anda ke pihak-pihak luar yang tepat, sehingga mereka mengetahui, lalu tertarik dan memanfaatkan kelebihan atau keunggulan yang Anda miliki).

Ada pepatan bijak dalam bahasa Mandarin, 百艺通, 不如一艺精 bǎi yì tōng bù rú yī yì jīng, arti harfianya “mengerti ratusan keahlian tidak lebih baik daripada menguasai satu yang mendasar”. Maka dalam hidup ini, akan lebih baik menguasai satu keterampilan secara mendalam dibandingkan menguasai banyak tetapi setengah-setengah. Dengan menguasai satu keahlian secara mendalam, akan menjadikan diri Anda unik, spesial dan tiada tandingannya.

Untuk lebih jelasnya, coba simak kisah berikut ini, tentang seekor anak singa dan anak kambing gunung.

Suatu hari di suatu lapangan yang luas, di daerah perbukitan, terlihat seekor singa sedang mengajari anaknya berlari. Melihat langkah anaknya sangat lambat, induknya pun berkata, ”Ayo lari lebih cepat lagi, ayo... tambah cepat lagi...!”

Tapi ternyata ajakan ibunya belum mampu mendorong anak singa tersebut untuk berlari lebih cepat. Akhirnya sang ibu menasihatinya, ”Jika kamu tidak bisa lari lebih cepat dari kambing gunung yang paling lambat, maka kamu akan mati kelaparan di hutan ini.” Kata-kata tersebut menyadarkan si anak, bahwa tidak ada yang bisa menolongnya kecuali ia sendiri harus lebih baik dan lebih cepat dari mangsanya. Seketika itu pula, ia pun mengeluarkan segenap tenaganya, dan ternyata ia bisa berlari dengan sangat kencang.

Pada saat yang bersamaan, di padang rumput hijau di seberang sana, terdapat sekumpulan  kambing gunung. Di antara kambing-kambing yang sedang beristirahat, terlihat seekor induk kambing sedang melatih anaknya. Dari jauh terdengar suara ajakan yang bersemangat, ”Ayo lari... ayo lari..... lebih cepat lagi...! Bagus...bagus...! Lebih cepat lagi!”

Ternyata ajakan tersebut tidak juga memotivasi anaknya untuk berusaha berlari lebih cepat. Sampai akhirnya, ibunya mengeluarkan nada yang sedikit mengancam. Ia berkata, ”Jika kamu tidak bisa lari lebih cepat dari singa yang paling cepat, maka hidup kamu akan sia-sia. Cepat atau lambat kamu akan menjadi mangsanya.”

Mendengar kata-kata tersebut, si anak pun berdalih,”Mana mungkin seekor kambing gunung bisa berlari lebih cepat dari singa yang larinya paling cepat?”

Tiba-tiba ibunya berteriak sambil berlari,”Ada singa di belakang kamu! Ayo lari...!” Ancaman yang kelihatan sungguh-sungguh itu, ternyata mampu membuat anak kambing gunung bisa berlari dengan luar biasa cepatnya.

”Nah... kecepatan inilah yang kamu harus pertahankan dan kembangkan untuk bisa sukses mempertahankan hidup,” pesan ibunya.

Netter yang Bijaksana,

Tidak ada yang "tidak bisa" di dunia ini sepanjang kita mempunyai keyakinan, kemauan untuk melaksanakannya. Ada peribahasa dalam bahasa Mandarin yang mengungkapkan bahwa “batang besi pun bisa diasah menjadi jarum” (磨杵成针 mó chǔ chéng zhēn). Kesuksesan apapun bisa diraih, asalkan kita rajin, tekun, dan pantang menyerah. Maju selangkah demi selangkah, konsisten, pada akhirnya akan membawa kita ke jenjang yang lebih bagus, ke puncak kesuksesan.

Dalam kisah di atas, hanya ada satu pilihan bagi masing-masing pihak: ”lebih baik, atau mati”. Singa hanya bisa hidup jika bisa berlari lebih cepat dari kambing gunung yang paling lambat. Dan kambing gunung bisa mempertahankan hidupnya jika ia bisa berlari lebih cepat dari singa yang paling cepat.

Demikian halnya dalam hidup ini, jika kemampuan kita di bawah rata-rata (teman kerja atau seprofesi), yang ada hanyalah menunggu waktu ”kematian” karena selalu  tertinggal. Sedangkan bila  kemampuan kita setingkat rata-rata, kesempatan yang tersedia hanyalah untuk mempertahankan hidup. Hanya dengan kemampuan di atas rata-ratalah, kita baru bisa mencapai jenjang kehidupan yang lebih baik dan sukses.

Jadi, persiapkan diri Anda dengan sebaik-baiknya dan menjadi manusia yang terbaik di bidang yang Anda tekuni.

Untuk mendapatkan informasi produk-produk training  kami
Gg. Salak , Muntal, Gunungpati 
Kota Semarang, Jawa Tengah
Telp. (024) 7691 7578
Hubungi HP. 085640-750440 Solikin
HP. 085640-398242 Suratman


EmoticonEmoticon