Jumat, 01 Mei 2015

Sejarah Paintball

Trustco Jateng  -  Lembaga Training Jawa Tengah Telp. (024) 7691 7578 / HP. 085640-750440 Solikin / HP. 085640-398242 Suratman

Evolusi permainan paintball dimulai pada tahun 1970-an, ketika Perusahaan Cat Nelson mengembangkan senapan gas dan peluru yang dioperasikan untuk menandai berbagai industri, termasuk Kehutanan dan Peternakan. Senjata dan peluru digunakan untuk menandai berbagai pohon untuk ditebang, sapi yang akan diambil dari kawanan, dan pada dasarnya apa pun yang diperlukan menempatkan sebuah tanda semi-permanen pada objek dari jarak jauh.

Senjata Paintball Pertama

Sejarah permainan paintball diciptakan oleh empat orang yaitu Charles Nelson, Hayes Noel, Charles Gaines dan Bob Gurnsey. Dua dari mereka menyimpulkan bahwa mereka membutuhkan sesuatu seperti pistol sebagai penanda dan seperangkat aturan yang akan memungkinkan orang untuk menguji kemampuan masing-masing terhadap satu sama lain. Setelah sekitar satu tahun pencarian, Gaines dan Gurnsey memilih senjata dan peluru perusahaan Paint Nelson yang kemudian mengembangkan seperangkat aturan untuk “permainan survival”. Jadi, pada tahun 1981, Charles Gaines dan Bob Gurnsey, bersama dengan 12 teman-temannya memainkan permainan paintball pertama dengan menggunakan senjata paintball industri di lapangan berukuran lebih dari seratus hektar. (Tanpa topeng atau peralatan keselamatan!).

Hayes Gaines Gurnsey

Tak lama setelah eksperimental game ini, mereka memberi nama pertandingan tersebut ” The Survival Game Nasional” yang mencerminkan sifat nama paintball seperti yang pertama kali dimainkan oleh sekelompok kecil di hutan untuk bermain Total Elemination Game. Kadang-kadang seorang masuk ke tim lain untuk bermain dengan tim lain, namun permainan paintball sebagian besar bermain untuk dirinya sendiri.

Permainan Paintball Pertama

Selama bertahun-tahun permainan paintball telah menjadi lebih populer, termasuk Indonesia. Sebuah kegiatan outing lebih seru apabila disisipkan permainan paintball dengan membagi menjadi beberapa tim. Variasi permainan yang berbeda mulai terbentuk. Permainan paintball paling populer seperti memperebutkan bendera, skenario ofensif / defensif dan membebaskan sandera.

Karena jumlah orang yang tertarik dalam permainan paintball mulai berkembang, begitu pula perkembangan industri paintball komersial. Permainan komersial paintball untuk kegiatan outdoor pertama kali dimainkan pada tahun 1982. Kegiatan indoor tahun 1984. Pemilik bisnis paintball didorong untuk mengembangkan cara-cara baru yang menarik untuk menjaga pemain merasa terhibur sekaligus melepaskan kepenatan keja sehari-hari. Di bawah ini Anda akan menemukan waktu kronologis singkat sejarah paintball.

* Sejarah kutipan yang diberikan oleh Steve Davidson, Guide Induk untuk Paintball -2009
Singkat Kronologis Sejarah

* 1981: Pertama pertandingan dimainkan di New Hampshire

* 1982: kompetisi nasional pertama dimainkan

* 1984: Pertama membuka lapangan dalam ruangan

* 1986: publikasi nasional pertama keluar di newsstands

* 1992: First National Tournament League didirikan (NPPL)

* 1996: Kompetisi nasional-ditayangkan di televisi Pertama (ESPN)

* 1999: Pertama diakui sebagai olahraga yang sah oleh SGMA (Sporting Goods Manufacturers Association)

* 2000: Event Collegiate Nasional Pertama

* 2007: Pertama penggunaan paintball di AS, Inggris dan latihan tempur pasukan pelatihan Kanada

* 2010: Dimainkan oleh lebih dari 15 juta orang setiap tahun di Amerika Serikat

Paintball di Indonesia

Di Indonesia sendiri, paintball dibuka pertama kali di Bali sebagai sarana rekreasi. Tidak berapa lama kemudian, Brigade 3234 memperkenalkan paintball ke pulau Jawa di tahun 1996 dengan membuka lokasi di Gunung Putri, Bogor. Paintball terus berkembang dengan dibukanya Patriot Paintball di Alam Sutera (Serpong, Tangerang), Commando Patriot (Bandung), Paintball Bali, Stage Paintball (Medan), dan sekarang sudah merambat ke Kalimantan dan Sulawesi. (Sumber: Asosiasi Paint Ball Indonesia).

logo brigade 3234

Pada Tanggal 28 – 30 Oktober 2011, untuk pertama kali Indonesia mengadakan pertandingan paintball bertaraf Internasional yang di ikuti oleh beberapa negara di Asia, seperti Malaysia, Filiphina, Singapura dan Brunei. Event ini di selenggarakan oleh Pendullum yang berkerja sama dengan Federasi Olahraga Paintball Indonesia (FOPI) dan ASIA CUP promotor paintball internasional dari negara Malaysia.

Event ini bertujuan untuk meningkatkan persaudaraan antara paintballers Indonesia dan mancanegara juga untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan pariwisata di Indonesia, khususnya Bali. Namun event seperti ini sangat membantu dalam memasyarakatnya olahraga paintball di Negeri ini dan menghilangkan kesan “keras” dalam persepsi masyarakat umum yang pada umumnya beranggapan bahwa paintball itu adalah permainan Simulasi tempur yang keras yang memiliki safety yang rendah.
Sumber : egapaintball1.wordpress.com


Untuk mendapatkan informasi produk-produk training  kami
Gg. Salak , Muntal, Gunungpati 
Kota Semarang, Jawa Tengah
Telp. (024) 7691 7578
Hubungi HP. 085640-750440 Solikin
HP. 085640-398242 Suratman


EmoticonEmoticon