Sabtu, 27 Juni 2015

Menciptakan Ledakan Kecil untuk Sukses yang Besar

Trustco Jateng  -  Lembaga Training Jawa Tengah Telp. (024) 7691 7578 / HP. 085640-750440 Solikin / HP. 085640-398242 Suratman  

Tak ada sukses besar tanpa dimulai dari yang kecil-kecil. Jangan sia-siakan prestasi kecil, karena di sanalah kita dipupuk untuk mencapai hasil-hasil lebih besar.

Sukses sebenarnya adalah proses-proses kecil yang terus kita jaga konsistensinya hingga pada saatnya mencapai ledakan besar seperti yang kita damba. Bob Cox, pengarang buku Flip the Success Switch,  menyebutkan bahwa SUCCESS merupakan kepanjangan dari S – Sense, U – Unlimited, C – Chances, C – Coming, E – Every, S – Single, S – Second atau “Dapatkan peluang tak terbatas yang datang dalam setiap detik”. Intinya, untuk mencapai ledakan besar, kita butuh ledakan kecil yang bisa jadi datang setiap waktu.

Lantas, bagaimana kita bisa menciptakan ledakan-ledakan kecil itu sehingga mampu mendorong terjadinya ledakan besar kesuksesan? Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memulai langkah menciptakan ledakan-ledakan sukses dalam hidup…

• Ketahui persis apa yang kita inginkan dalam hidup

Jika kita diberi pertanyaan ini, apakah yang ingin kita lakukan dalam hidup ini, apa jawaban kita? Hampir bisa dipastikan, ada banyak sekali daftar yang ingin kita tulis. Bahkan, bisa jadi, tak akan habis. Ini alamiah dan wajar karena sejatinya manusia memang tak mengenal standar kepuasan. Jika sudah mencapai satu hal, pasti ingin mencapai hal lain.

Nah, berapa yang Anda tulis, 10, 20, 50, atau bahkan 100 keinginan dalam hidup? Mulai dari menjadi kaya, sukses, ingin bisa menyekolahkan anak di tempat terbaik, mencapai jabatan tertentu, mendapatkan pencapaian tertentu, dan sebagainya. Tapi, apakah kita bisa membuat pilihan lima, tiga, atau bahkan satu saja yang paling penting?

Dalam percakapan dengan salah seorang kepercayaannya, Warren Buffet, sang raja saham dunia, pernah bertanya, apakah dari daftar itu bisa Anda peras jadi lima daftar terpenting? Sang orang kepercayaan itu menjawab, ia merasa cukup berat untuk menentukan mana yang paling penting. Dan, itulah yang sebagian besar juga kita rasakan saat harus menentukan prioritas. Saat akan menentukan fokus apa yang ingin kita raih dalam hidup, untuk sekadar memperkecilnya jadi lima hal paling penting, kita sudah merasa sulit karena kita memiliki banyak keinginan.

Padahal, sebuah “teori” mengatakan, kita tak akan jadi “mahabintang” kalau kita mempunyai fokus pada banyak hal. Ibaratnya, kita hanya akan menciptakan ledakan-ledakan kecil saja, di banyak bidang, tanpa satu pun menjadi ledakan besar yang akan jadi hal paling diingat dalam sejarah hidup. Ini bisa kita lihat dari mahabintang basket Michael Jordan. Ia pernah mencoba mencari ledakan lain di olahraga baseball, sebuah olahraga yang juga populer di Amerika Serikat. Tapi, ternyata, ia tak bisa menciptakan ledakan besar di sana sebagaimana ia mampu menciptakan ledakan besar di basket yang membuat namanya melegenda.

Karena itu, tentukan dan ketahui persis, apa yang menjadi fokus dalam hidup kita. Kalau mungkin, peras hal-hal penting itu dalam lima hal saja. Dan, cobalah untuk mulai menciptakan ledakan kecil dalam bidang tersebut.

• Ketahui hal apa yang bisa kita lakukan untuk mencapainya

Untuk menciptakan ledakan kecil dalam bidang yang sudah kita pilih untuk difokuskan, kita harus tahu persis, apa yang harus kita lakukan untuk mencapainya. Buatlah daftar hal apa saja yang harus dilakukan untuk mewujudkan menjadi nyata. Misalnya kita berprofesi sebagai guru, berapa tingkat kelulusan yang menjadikan kita sukses sebagai guru? Atau, misalnya sebagai pengusaha, berapa omzet yang ingin kita capai? Jika target itu telah kita tetapkan, kita bisa menyusun langkah yang harus kita siapkan untuk mencapai ke sana.

• Susun langkah demi langkah kecil, kerja apa saja yang dilakukan untuk mencapainya

Langkah yang kita tentukan tak harus langsung berupa langkah besar. Kita bisa memulai dari langkah-langkah kecil. Misalnya, sebagai sebagai seorang sales, kita buat komitmen, minimal sehari sepuluh telepon. Dari sepuluh telepon minimal tiga kali pertemuan tatap muka. Dari tiga tatap muka, minimal ada satu yang menjadi pelanggan. Begitu hal tersebut bisa dicapai, kita bisa mulai menciptakan standar baru yang lebih tinggi. Begitu seterusnya. Dari situlah kita akan menciptakan ledakan-ledakan kecil yang mampu mengantar kita mencapai ledakan besar kesuksesan yang kita dambakan.

Yang pasti, jangan pernah meremehkan ledakan-ledakan kecil yang tercipta. Sebab, justru dari prestasi kecil itulah, kita sedang menapaki langkah menuju ledakan besar yang kita damba. Karena itu, syukuri setiap pencapaian yang kita peroleh, sehingga setiap langkah akan mengantarkan kita pada kesuksesan yang hakiki dengan tingkat kepuasan yang—barangkali justru—lebih besar dari ledakan besar yang kita peroleh nanti.
Sumber : www.andriewongso.com


Untuk mendapatkan informasi produk-produk training  kami
Gg. Salak , Muntal, Gunungpati 
Kota Semarang, Jawa Tengah
Telp. (024) 7691 7578
Hubungi HP. 085640-750440 Solikin
HP. 085640-398242 Suratman


EmoticonEmoticon