Jumat, 06 Mei 2016

Pengembangan Diri: Cara Praktis Menjadi Sukses

Telp. (024) 7691 7578 / HP. 085640-750440 Solikin / HP. 085640-398242 Suratman
 
 
Semua orang yang sukses harus bisa berkembang. Perkembangan bisa Pengembangan Diri Cara Sukses Tips Sukses dilakukan dari berbagai aspek, bisa aspek kualitas diri (sikap dan mental), finansial, karir, dan lain sebagainya. Dari semua aspek, hal yang paling penting untuk dikembangkan adalah kualitas diri.

Kualitas diri tidak dapat dibentuk dengan instan, semua harus dilalui dengan proses yang tepat. Proses yang saya maksud adalah pengalaman. Semakin banyak pengalaman yang kita miliki semakin berkembang juga kualitas diri kita.

Bagaimana caranya agar kita bisa terus mengembangkan diri, berikut beberapa cara praktis yang bisa Anda lakukan.

1. Baca Buku

Untuk mengembangkan diri, hal pertama yang harus berkembang adalah dari sisi mindset atau pola pikir. Mindset atau pola pikir adalah fondasi dasar kesukesan seseorang. Tidak mungkin seseorang bisa sukses jika tidak memiliki pola pikir orang sukses. Banyak cara yang bisa digunakan untuk menanamkan mindset sukses dalam diri, salah satunya adalah dengan membaca buku pengembangan diri.

Membaca (khususnya buku pengembangan diri) dapat membuka wawasan dan pengetahuan kita. Sebuah buku ditulis oleh seseorang yang telah memiliki pengalaman, paling tidak dalam bidangnya sendiri. Sebuah buku dapat menjelaskan pandangan, opini, dan kiat sukses seseorang secara mendalam. Melalui buku kita bisa belajar dengan penulis tanpa bertemu dengan orangnya.

Nah, apa jenis buku yang cocok untuk pengembangan diri? Tentu saja buku-buku yang berbau motivasi, kesuksesan, atau psikologi populer. Anda bisa memilih buku yang paling tepat untuk kebutuhan Anda.

2. Mencoba Hal Baru

Untuk menjadi orang yang berkembang, kita perlu memiliki wawasan yang luas, selain dengan membaca, kita juga bisa melakukannya dengan mencoba hal baru, tentu saja hal yang positif. Saya punya teman yang memiliki hobi masak. Untuk meningkatkan pengetahuan masaknya, dia sering berwisata kuliner dan mencoba hal makanan baru. Dia sering mendapatkan ide atau inspirasi dari makanan baru yang dicicipnya dan hal ini sangat bermanfaat untuk menambah ide masaknya.

Anda bisa melakukan hal baru yang sesuai dengan gaya Anda namun tidak perlu terlalu ekstrim, misalnya dengan belajar bahasa asing, bahasa yang baru bagi Anda. Selain itu, Anda juga bisa mencoba kunjungi tempat-tempat baru seperti pegunungan, pantai atau tempat wisata tertentu.

Bagi Anda seorang karyawan, Anda bisa mencoba berbisnis. Saya yakin Anda akan mendapatkan banyak inspirasi saat Anda mulai berbisnis. Namun, Anda juga akan menemukan banyak tantangan yang bermula dari rasa takut dan ragu.

Sering kali ketika ingin mencoba hal baru, hati kecil berkata, “apa saya bisa?”. Ketakutan dan keraguan seperti ini akan menjadi penghambat bagi diri kita. Meski demikian tetaplah mencoba. Walaupun kita melakukan kesalahan kita tetap bisa belajar dari pengalaman tersebut. Dengan demikian kita semakin memperkaya pengalaman hidup.

3. Tingkatkan Skill Anda

Jika Anda ingin berkembang, kemampuan yang Anda miliki saat ini perlu Anda tingkatkan. Misalnya, Anda bisa berbicara di depan umum, tetapi masih belum begitu bagus. Anda bisa belajar atau sering melatih diri berbicara di depan umum.

Sebaliknya, jika Anda merasa punya kekurangan dalam kemampuan tertentu, padahal Anda membutuhkan kemampuan tersebut untuk kesuksesan Anda, Anda wajib mengembangkan kemampuan tersebut. Misalnya jika Anda seorang yang bekerja di bidang penjualan, padahal Anda merasa sangat sulit untuk menghadapi orang baru, bernogiasi atau menawarkan suatu produk. Anda wajib meningkatkan kemampuan Anda di bidang tersebut dengan belajar.

Anda bisa belajar dengan membaca atau mengikuti seminar atau workshop. Saat ini ada banyak penyelenggara seminar-seminar softskill. Anda bisa memilih seminar atau workshop yang paling Anda butuhkan. Dengan mengikuti pelatihan softskill akan sangat bermanfaat untuk kehidupan Anda, tidak hanya saat ini tetapi di masa yang akan datang.

4. Olahraga

Mengembangkan diri bukan soal mental saja, tetapi juga soal fisik. Contoh, jika Anda dalam situasi baru pulang kerja dan lelah karena sudah lembur di kantor, apakah Anda masih ingin membaca buku-buku pengembangan diri? Tentu Anda lebih memilih tidur atau istirahat.

Kondisi fisik berpengaruh terhadap kondisi mental, begitu juga sebaliknya. Dalam psikologi dikenal istilah psikosomatis yaitu sakit fisik yang ditimbulkan oleh faktor psikologis. Contohnya, ketika Anda diminta berbicara di depan umum, 5 menit sebelum naik panggung, tiba-tiba Anda merasa perut mules. Perut mules yang disebabkan oleh rasa takut atau cemas ini terjadi karena hendak berbicara di depan panggung.

Jadi memang ada kaitan yang kuat antara faktor fisik dan psikologis (mental). Dengan berolahraga secara rutin, Anda bisa menjaga kondisi fisik dengan baik, sehingga, Anda bisa senantiasa mengembangkan kualitas diri. Dalam bahasa latin hal ini dikenal sebagai “mens sana in corpore sano” yang berarti “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”.

5. Minta Masukan dari Teman

Anda bisa bertanya kepada teman Anda, bagaimana performa Anda akhir-akhir ini. Mintalah masukan dengan pikiran terbuka. Saat meminta masukan dari teman Anda, lakukanlah dengan natural jangan membuat teman Anda merasa canggung dengan pertanyaan Anda.

Dalam situasi ini Anda harus siap menerima masukan negatif (jika ada). Sebalikya, ketika Anda mendapatkan masukan yang positif, tetaplah bersikap bersahaja, jangan tinggi hati. Semua masukan dari teman Anda akan menjadi bahan evaluasi.

Anda bisa memulai dengan bertanya kepada rekan kerja tentang prestasi kerja Anda selama ini. Misalnya, apa yang dia rasakan saat bekerja sama dengan Anda? Apakah dia merasa nyaman atau tidak? Dengan demikian, Anda bisa mengevaluasi kinerja Anda. Masukan ini sangat bagus untuk perbaikan Anda di masa depan dan menyadarkan Anda bahwa Anda sudah memiliki perubahan ke arah yang positif.

Itulah 5 cara yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan kualitas diri. Anda tidak perlu mencoba semua hal ini, pilihlah cara yang paling tepat untuk membantu pengembangan diri Anda.
Sumber : aquariuslearning.co.id
Untuk mendapatkan informasi produk-produk training  kami
Gg. Salak , Muntal, Gunungpati
Kota Semarang, Jawa Tengah
Telp. (024) 7691 7578
HP. 085640-750440 Solikin
HP. 085640-398242 Suratman


EmoticonEmoticon