Jumat, 13 Mei 2016

Tips Sebelum Memulai Arung Jeram

Lembaga Training Jawa Tengah  Telp. (024) 7691 7578 / HP. 085640-750440 Solikin / HP. 085640-398242 Suratman
 
Arung Jeram adalah kegiatan olahraga yang banyak diminati. Kebanyakan ingin mencoba menguji adrenalin di arus deras dengan cara aman selain untuk melepas kepenatan. Namun ada hal yang perlu dipersiapkan sebelum berArung Jeram atau Rafting,

1. Kenali Medan (sungai)
Sebelum rafting, cari tahu dulu informasi mengenai sungai yang akan di lalui. Informasi yang dicari adalah deras arus, panjang sungai yang akan dilalui, jenis bebatuan dan zona – zona ekstrem. Ini akan membantu Anda untuk mengetahui medan yang akan dihadapi.

2. Makanlah 2 – 3 jam sebelum berArung Jeram
Jangan pernah lupa mengisi perut.Bagi yang diet, tetap harus mengisi perut. Karna Rafting adalah olahraga yang akan menghabiskan banyak tenaga. Jadi, jika tidak ingin kehabisan tenaga, makanlah terlebih dahulu. Tetapi, jangan juga makan tepat sebelum memulai rafting karena bisa menyebabkan Anda mual – mual bahkan muntah. Makanlah 2 atau 3 jam sebelum Rafting dimulai.

3. Lakukan Pemanasan
Selama Arung Jeram, akan ada banyak hal terjadi.  Bisa saja Anda diharuskan lompat atau berenang tiba – tiba. Agar tidak terjadi cedera otot, lakukanlah pemanasan 10 – 15 menit melenturkan otot.

4. Cek  Perlengkapan
Anda harus memerhatikan dengan benar kelengkapan yang digunakan. Contoh peralatan standar yang harus Anda kenakan adalah helm dan pelampung. Pastikan juga helm terpasang dengan baik. Jangan sampai terlepas ketika Anda mengarungi derasnya sungai.

5. Dengarkan instruksi
Nah, ini dia yang paling penting, dengarkan instruksi pemandu sebelum berarung jeram. Perhatikan hal – hal apa saja yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Jangan sampai  kebingungan dan salah menggartikan instruksi pemandu ketika berada di tengah – tengah sungai yang berarus deras.

6. Jangan panik bila perahu terbalik
Kejadian yang paling sering terjadi ketika ber Arung Jeram adalah perahu karet yang digunakan terbalik. Jika hal ini terjadi, jangan keburu panik. Tenanglah karena pelampung yang dikenakan akan membuat Anda mengapung. Selain itu, kepanikan malah bisa membuat Anda terbawa arus.

7. Gunakan pemandu yang Profesional
Setiap kegiatan Arung Jeram biasanya menggunakan paket yang disediakan agen tertentu. Nah, pastikan agen yang digunakan adalah agen profesional dan telah Anda ketahui kualitas kerjanya.Karna kita tidak ingin kenyamanan dan keselamatan selama kegiatan Arung Jeram berlangsung terganggu karna ketidak cakapan pemandu yang KW2 alias palsu.
Sumber : konzeptoutbound.com

Untuk mendapatkan informasi produk-produk training  kami
Gg. Salak , Muntal, Gunungpati
Kota Semarang, Jawa Tengah
Telp. (024) 7691 7578
HP. 085640-750440 Solikin
HP. 085640-398242 Suratman


EmoticonEmoticon