Senin, 05 November 2012

Moving Plan, Permaianan seru untuk melatih mental siap dengan perubahan

Kata perubahan merupakan kata yang selalu mengundang perhatian. Pada panggung politik kata perubahan ini juga banyak menyedot perhatian masa. Obama berhasil memenangkan Pemilu AS dengan jargon perubahan. Dalam kehidupan organisasi, perubahan merupakan sebuah keniscayaan. Kemajuan teknologi merubah cara orang dalam melakuukan banyak hal. Cara berkomunikasi, cara membuat dan menyimpan dokumen, cara beriklan, cara menawarkan, cara mengundang masa. Semuanya berubah
Seperti yang dikatakan John Naisbit, bahwa kebanyakan perubahan bukan terletak pada apa yang  kita lakukan tapi terletak pada bagaimana cara kita melakukan. Banyak orang mempertanyakan apakah setiap perubahan selalu membawa kebaikan. Memang tidak ada yang sempurna di dunia, setiap perubahan membawa masalah ini. Tapi bukan ini persoalannya, cara pandang kita terhadap perubahan ini yang penting. Mereka yang pesimis melihat perubahan akan tertinggal, mereka selalu belajar akan memimpin. Begitulah dinamisme perubahan menuntun kita untuk selalu belajar dan terus belajar.
Dalam Outbound maupun indoor training, simulasi tentang perubahan ini banyak digunakan. Aneka ragam permaiann maupun video ilustrasi digunakan. Salah satu yang akan saya angkat kali ini ada Game Moving Plan.
Game moving plan ini membutuhkan ruang yang luas untuk bergerak. Biasanya kami memainkan game ini di lapangan terbuka. Ini adalah momen dimana setiap orang harus siap dan tanggap dengan perubahan. Siap dengan teman baru, siap dengan jumlah tim yang berubah setiap waktu, siap dengan aturan-aturan barun, dan sebagainya.
Ini beberapa contoh game moving plan:
1. Game Aturan kanan
Game ini memiliki aturan hanya boleh menggunakan bagian tubuh sebelah kanan. peserta dalam posisi lingkaran besar sambil bergerak jalan perlahan. Nyayikan lagu-lagu yang mudah dilagukan seperti Di sini senang di sana senang. Tiba-tiba instruktur berkata,"Berkumpul 3 tangan!" maka semua peserta berhamburan untuk mencari teman berkelompok 3-3 sambil menyatukan tangan kanan mereka. Peserta yang tidak mendapatkan kelompok 3-3 akan diberikan sanksi. Selanjutnya game bisa dimainkan kembali. jumlah  dan anggota tubuh bisa dimodifikasi sendiri.
2. Tupai dan Pemburu (tunggu positng selanjutnya)


EmoticonEmoticon