Minggu, 28 Desember 2014

Ragam Permainan Outbound

Trustco Jateng - Lembaga Training Jawa Tengah (024) 8412467 -  Outbound dilakukan dalam ragam permainan outbound. Ragam permainan outbound yang dapat memberikan manfaat bagi para pesertanya dengan maksud dan tujuan – tujuan tertentu. Setiap permainan outbound tersebut memberikan manfaat dan peran yang berbeda, dengan harapan dapat memberikan efek positif bagi pesertanya. Misalnya permainan outbound untuk mengembangkan keberanian atau softskill.

Setiap permainan dalam kegiatan outbound diramu dan diracik sedemikian rupa sehingga dapat membuat pesertanya menjadi refresh, bersemangat dan kompak dalam melakukan kegiatan. Namun jangan salah, terdapat perbedaan antara permainan outbound dan permainan outing. Walaupun sekilas tampak sama, permainan outbound biasanya memiliki durasi lebih panjang, tantangan lebih berat serta muatan / makna yang lebih banyak dan di akhiri dengan pembahasan tentang nilai – nilai yang terkandung dalam permainan tersebut. Sehingga diharapkan peserta outbound dapat menyerap makna dan manfaat dari permainan outbound yang dilakukan.

Sedangkan untuk permainan outing, sekilas tampak sama. Namun biasanya dalam kegiatan outing, permainan yang diberikan dalam durasi singkat, tantangan seadanya, serta dilakukan dalam format kompetisi. Hal ini dikarenakan, tujuan outing itu sendiri adalah untuk refreshing / bersenang – senang sehingga peserta bisa menikmati kegiatan yang dilakukan.

Dalam kehidupan sehari – hari atau dalam dunia kerja, seseorang selain dapat bekerja secara individu diharapkan juga untuk dapat bekerja secara kelompok atau tim dalam menyelesaikan sebuah target kerja. Dinamakan sebuah tim tentunya karena dilakukan oleh beberapa orang yang memiliki sifat, keahlian dan latar belakang yang berbeda. Oleh karena itu, setiap anggota tim dituntut untuk dapat bekerja sama antar individu dalam tim maupun dengan tim lainnya agar tercapai tujuan yang diinginkan oleh organisasi atau perusahaan tempat tim berada.

Namun untuk menyamakan persepsi individu – individu tersebut bukan perkara mudah. Dibutuhkan sebuah pembekalan yang dapat membuat sebuah tim menjadi seirama dalam hal team work, keberanian, kemandirian, kesabaran, kepedulian, kedisiplinan dan sebagainya.

Pembekalan tersebut, selain dilakukan didalam ruangan ( indoor ) berupa pembekalan materi teori, tentunya dibutuhkan juga pembekalan luar ruangan ( outdoor activity ) sebagai peneimbang kegiatan. Hal ini dilakukan guna menambah pengetahuan dan wawasan dari serangkaian kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan yang biasa disebut dengan outbound training.

Sumber : http://duniaoutbound.com/


EmoticonEmoticon