Rabu, 01 Juli 2015

Yakin, Fokus, Cermat! Hasil Gemilang Akan Kita Dapatkan

Trustco Jateng  -  Lembaga Training Jawa Tengah Telp. (024) 7691 7578 / HP. 085640-750440 Solikin / HP. 085640-398242 Suratman  

Ada sebuah pelajaran dari kisah Tiongkok Kuno, yang bisa kita telaah untuk menjadi pembelajaran dalam memajukan usaha.

Dikisahkan pada zaman Chun Qiu, ada seseorang bernama Yang You Ji yang berasal dari Negara Chu. Ia sangat terkenal dengan kepandaiannya dalam memanah.

Suatu kali, ada yang menantang Yang You Ji untuk membuktikan keandalannya dalam memanah. Saat itu, ada orang yang memilih tiga helai daun di atas sebuah pohon. Lalu, dari daun yang dipilih itu kemudian ditandai dengan angka satu, dua, dan tiga.

Setelah itu, Yang You Ji diminta untuk memanah daun yang sudah ditandai tersebut dari jarak seratus langkah. Yang You Ji dengan mantap mengeluarkan busur dan anak panahnya. Ia membidik dengan sangat cermat dan fokus, sebelum melepas anak panahnya ke daun yang dituju. Dengan yakin, ia melesatkan anak panah tersebut. “Wuzz…” panah meluncur deras. Yang pertama kena daun angka satu. Yang kedua kena daun dengan angka dua. Dan yang ketiga pun sama, berhasil mengenai daun yang ditandai dengan angka tiga. Semua orang berdecak kagum. Ternyata betul, kemahiran Yang You Ji dalam memanah bukan isapan jempol belaka.

Bagaimana Yang You Ji bisa melakukannya? Kisah tersebut kerap disebut-sebut sebagai sebuah pembelajaran, bahwa jika kita mengerjakan sesuatu dengan yakin, pasti akan mencapai tujuannya. Yang You Ji yang fokus, cermat, yakin, bisa dengan mantap mencapai apa yang ditujunya.

Netter yang Luar Biasa,

Dalam menjalankan usaha, kita juga seharusnya memiliki keyakinan 100 persen terhadap apa yang sedang kita jalankan. Masalah hasil, semua adalah proses menuju pada sasaran yang dituju. Artinya, sepanjang kita terus menjaga keyakinan, selalu ada jalan menuju hasil yang seperti kita dambakan.

Banyak kisah pengusaha sukses membuktikan keyakinan—yang tentu dibarengi dengan kerja keras dan cerdas—bisa mengalahkan segala halangan dan tantangan. Kisah Lei Jun dalam membesarkan Xiaomi adalah contoh nyata, betapa produk Tiongkok yang kerap dipandang sebelah mata berhasil mendobrak ke pasar atas produk smartphone dunia. Awalnya, banyak yang menyangsikan Xiaomi. Tapi, Lei Jun berhasil mengubah keyakinan itu sebagai fondasi mewujudkan kenyataan.

Begitu pula kita bisa menyaksikan sejarah bagaimana Samsung berhasil mendobrak dominasi produk eletronik Jepang yang sudah lebih dulu mendunia. Dengan keyakinan luar biasa, petinggi dan pendiri Samsung berhasil mengubah peta industri elektronik dunia sehingga Samsung kini dikenal sebagai salah satu produsen elektronik terbaik dunia, bahkan mengalahkan Sony dari Jepang yang dulu sempat melegenda.

Di Indonesia sendiri, mungkin kita bisa mengambil contoh bagaimana dominasi Indomie sebagai mie instan dari Indofood berhasil digoyang oleh Mie Sedaap dari Wings Food. Mie Sedaap datang dengan konsepnya sendiri, yang ditambah dengan beberapa inovasi sehingga menghadirkan rasa yang berbeda. Kemudian, didukung oleh tim distribusi yang luas, Mie Sedaap pelan tapi pasti berhasil membuat Indomie akhirnya merasa kewalahan dan kemudian mulai “berperang” terbuka. Kini kita bisa menyaksikan, dua produsen mie itu saling salip, saling adu inovasi, dan saling punya keyakinan sendiri, bahwa produk mereka bisa terus berjaya di pasaran.

Semua kondisi tersebut diawali oleh kekuatan keyakinan, fokus, dan kecermatan. Layaknya You Jin yang memanah dengan ketepatan luar biasa, setiap pengusaha wajib memiliki keyakinan terhadap apa yang sedang diperjuangkannya. Memang, keyakinan tak akan memberikan jaminan 100 persen terhadap keberhasilan. Tapi, tanpa keyakinan, hampir bisa dipastikan keberhasilan tak akan kita raih.

Mari, kuatkan keyakinan. Fokus pada apa yang sedang diperjuangkan. Cermat lakukan pengamatan. Jadikan target sebagai tujuan besar dan menantang. Niscaya, panah-panah yang melesat dari “busur” usaha kita, akan mencapai hasil yang gemilang.
Sumber : www.andriewongso.com

Untuk mendapatkan informasi produk-produk training  kami
Gg. Salak , Muntal, Gunungpati 
Kota Semarang, Jawa Tengah
Telp. (024) 7691 7578
Hubungi HP. 085640-750440 Solikin
HP. 085640-398242 Suratman


EmoticonEmoticon