Steve Jobs mungkin pernah dianggap gila banyak orang karena mimpinya
untuk menjadikan setiap orang selalu membawa komputer (soalnya komputer
kala itu masih sebesar ruangan). Tapi ia berhasil mewujudkan mimpi
gilanya itu melalui Apple. Terkadang kegilaan lebih utama dari sekedar
jenius. Berikut 5 prinsip Steve Jobs mewujudkan mimpinya.
1. Lakukan yang kamu suka.
Steve Jobs pernah berkata pada sekelompok
pegawai, “Orang-orang dengan gairah bisa mengubah dunia menjadi lebih
baik.” Jobs mengikuti hatinya selama hidupnya dan gairah itu, katanya,
yang telah membuat semua perubahan. Sangat sulit untuk membuat sesuatu
yang baru, menjadi kreatif atau membuat ide novel kalau kamu tidak
memiliki gairah untuk membuat kemajuan.
2. Buat perubahan untuk dunia.
Semangat adalah bahan bakar roket,
tetapi visi mengarahkan roket ke tujuan akhirnya. Pada tahun 1976,
ketika Jobs dan Steve Wozniak mendirikan Apple bersama, visi Jobs adalah
untuk menempatkan komputer di setiap tangan orang setiap hari. Pada
tahun 1979, Jobs melihat awal penggunaan grafis user interface yang
ditunjukkan di tempat penelitian Xerox di Palo Alto, California. Dia
segera tahu bahwa teknologi bisa membuat komputer menarik untuk orang
biasa. Teknologi itu akhirnya menjadi Macintosh, yang mengubah segala
cara kita berinteraksi dengan komputer. Peneliti Xerox tidak menyadari
potensi dari teknologi tersebut karena visi mereka terbatas untuk
membuat mesin fotokopi baru. Dua orang bisa melihat suatu hal dengan
sama, tetapi mempresepsikannya berbeda berdasarkan visi mereka.
3. Starter otakmu.
Steve Jobs berkata, “Kreativitas berarti
menghubungkan banyak hal.” Menghubungkan di sini berarti mencari
inspirasi dari industri lain. Jobs pernah mengambil kelas kaligrafi yang
tidak ia gunakan manfaatnya sampai ia membuat Macintosh. Dia juga pergi
ke Asia dan India untuk belajar perhotelan dan desain. Jobs tidak
“mencuri” ide sebanyak dia menggunakan ide dari industri lain tersebut
untuk menginspirasi kreasinya sendiri.
4. Jual mimpi, bukan produk.
Bagi Steve Jobs, orang yang membeli
rpduk Apple bukanlah “konsumen”. Mereka orang-orang dengan harapan,
mimpi dan ambisi. Dia membuat produk untuk membantu orang meraih mimpi
mereka. Dia juga berkata, “beberapa orang berpikir kamu gila karena
membeli Mac, tapi di kegilaan itu kita melihat kejeniusan.” Bagaimana
kita melihat konsumen kita? Mari kita bantu mengeluarkan kejeniusan
mereka dan kamu akan mendapatkan hati dan pikirannya.
5. Katakan tidak untuk 1000 hal.
Steve Jobs pernah berkata, “Saya
bangga dengan apa yang kita tidak lakukan dan kita lakukan”. Dia
berkomitmen untuk membuat produk yang sederhana dengan desain rapi. Dan
komitmen itu bisa dilihat dari produk-produk buatannya. Mulai dari
desain iPod sampai iPad, kemasan produk Apple, sampai fungsi-fungsi di
Websitenya. Di dunia Apple, inovasi berarti menghilangkan hal yang tidak
perlu sehingga yang perlu bisa muncul.
#Rekomendasi untuk Training Siswa Baru | HP. 085 640 398 242
EmoticonEmoticon